Saturday, May 7, 2016

Who said traveling to Bali is an expensive??? Ini dia 15 Tips traveling murah ke Bali!




“The Island of God” sepertinya julukkan itu tepat untuk menggambarkan pulau ini. Bali selalu memiliki magnet yang luar biasa bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pulau yang memiliki keindahan dari segi alam, budaya, masyarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat budayanya, serta kehidupan malamnya yang menarik, semakin menambah keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang ingin datang ke Bali. Perhatian Pemerintah yang besar ke dunia pariwisatanya membuat wisatawan merasa nyaman untuk selalu datang ke sini. Banyaknya ide-ide kreatif untuk menciptakan maupun improve destinasi pariwisata membuat bali tidak pernah sepi dari wisatawan. Dari segi para pelaku wisatanya sendiri, mereka memiliki beberapa tipe wisatawan yaitu mulai dari gaya luxury, standar , flashpacker hingga backpakcer pun di jalani. Menjadi salah satu tujuan utama pariwisata dunia bagi wisatawan tak ayal menjadikanBali sebagai destinasi yang mahal.  Tapi, siapa bilang ke Bali itu mahal?? berikut tips-tips murah ke Bali.

- Transportasi get to Bali

1.      Apabila kalian berangkat dari Jakarta naiklah kereta ekonomi Kertajaya  atau dari daerah pulau Jawa dengan tujuan terakhir surabaya dengan tarif kereta Rp 95.000.
2.      Dari Surabaya sendiri, Ada dua cara untuk kalian melanjutkan perjalanan ke Bali yaitu  menggunakan kereta Sri tanjung menuju Banyuwangi dengan tarif Rp 96.000 dengan jadwal keberangkatan pada siang hari jam 14:30 atau menggunakan bis Akas provinsi IV dengan tarif Rp 50.000. Keuntungannya menggunakan bis yaitu kalian bisa berangkat kapan saja dari Surabya berhubung jadwal bis nya 24 jam.
·         Selanjutnya dari banyuwangi, kalian menggunakan kapal fery menuju pelabuhan gilimanuk yaitu Rp 6500/dewasa dan Rp 5500/anak-anak Rp 25.000/motor.
·         Sampai di pelabuhan gilimanuk, naik bis menuju terminal Ubung (Denpasar) Rp 30.000, jangan terima ya kalau ditawari ojek. Karena dari pelabuhan gilimanuk ke bis itu tidak begitu jauh, oh iya persiapkan id card kalian karena di sini ada pos pengecekkan untuk itu.
3.  Atau kalian juga bisa menggunakan bis Indonesia abadi dengan tarif Rp 130.000  langsung menuju Ubung (Denpasar) dari Surabaya.
·         Tips : Untuk menggunakan bis ekonomi, kalian harus pintar-pintar menawar berhubung harga disini bukanlah harga yang tetap.
4.  Setelah di Ubung, bagi kalian yg mau ke arah Kuta naik angkot menuju pasar Sanglah Rp 10.000 lalu dilanjut dengan bis Sarbagita Rp 3.500 (Jadwal bis hanya sampai jam 8 malam ya, catat!) atau saat ini banyak layanan transportasi online. 

Akomodasi

Selain transportasi, akomodasi merupakan hal yang penting dalam traveling. Untuk akomodasi sendiri, memiliki pangsa pasar dan harga yang berbeda. Contohnya untuk kawasan Nusa Dua, jarang ditemukan hotel yang murah berhubung di sana kawasan untuk hotel berbintang 5, untuk pelayanan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Selain dari itu juga tujuan wisata itu sendiri kalau di Nusa Dua dan Ubud untuk wisatawan yang mencari ketenangan dan pantai pasir putih. Kalau daerah Kuta, Legian untuk wisatawan yang suka dengan suasana ramai dan easy access. Dan kalau daerah Uluwatu dan Canggu cocok untuk wisatawan yang menyenangi olah raga surfing. Banyaknya jumlah penginapan di sini menyebabkan mereka bersaing terhadap harga. Bayangkan 6666 hotel di Bali dan itu belum termasuk guest house, hostel, motel dan lain-lain.
1.      Hotel
Balik lagi kepada pelaku wisatawan itu sendiri untuk menikmati liburan mereka, apakah mengutamakan kenyamanan, atau hanya memenuhi hasrat jalan-jalan mereka. Hotel di Bali tidak selalu mahal kok, banyaknya hotel budget yang mulai bermunculan bak jamur setelah hujan, selain itu promo-promo menarik dari hotel itu sendiri yang terkadang hotel berbintang 5 tapi harga hotel berbintang 3. 

2.      Guest House
Penginapan jenis Guest House juga banyak di Bali, biasanya untuk wisatawan yang memiliki renacana liburan jangka panjang. Semakin lama mereka tinggal, maka akan semakin murah pula biaya akomodasinya. Guest dengan harga terjangkau banyak ditemukan di daerah poppies line dengan kisaran harga Rp 50.000-300.000/ per hari.
3.      Villa
Mungkin bayangan pertama kali bila mendengar kata villa adalah Mahal! Harga termahal villa di Bali yaitu mencapai $5000/ malam (wah gak kuat). Tetapi sebenarnya villa bisa menjadi salah satu alternative bagi kalian yang melakukan wisata rombongan atau bergroup dengan share cost untuk akomodasinya, terdapat villa dengan satu kamar, dua kamar, tiga kamar atau lebih, jadi biar bisa lebih irit juga.

4.      Bunk bed Dorm
Bukan hanya di Thailand saja yang terkenal dengan banyaknya penginapan bergaya bunk bed dorm atau penginapan yang dalam satu kamar terdapat beberapa tempat tidur. Ternyata di Bali juga cukup banyak untuk penginapan jenis ini. Keuntungannya selain karena harganya yang sangat terjangkau juga menginap di sini kalian akan menemukan pengalaman bertemu dengan teman-teman baru atau mungkin gebetan baru. Penginapan jenis ini cocok untuk kalian yang memiliki jiwa social atau senang berinteraksi dengan orang lain.
5.      Couchsurfing
Mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini dimana kita bisa ikut bermalam dengan teman-teman yang berada di daerah itu sendiri sebagai host. Bertukar penglaman, budaya, menambah teman baru sangat menarik untuk dicoba. Seperti pada umumnya, couchsurfing di bali juga memiliki event-event meet up sesama anggota couchsurfer ataupun bukan. Di seminyak atau kuta area, event meet up couchsurfer diadakan setiap jumat malam di daerah Dewi Sri. Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba pengalaman baru, kalian diwajibkan untuk sign up di situs couchsurfing ini.

Walking around in Bali

Setelah transportasi dan akomodasi sudah terorganisir dengan baik selanjutnya tinggal jelajah keliling Bali, ada beberapa tips pilihan yang dapat menjadi pertimbangan kamu yaitu :
 1.        Sarbagita , Salah satu program pemerintah “ayo naik bus” Sarbagita hadir di Bali sekitar 3-4 tahun yang lalu. Program untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Bali menjadi salah satu pertimbangan yang bisa dimasukkan ke dalam list kalian. Untuk tarifnya sendiri yaitu Rp 3.500 sekali perjalanan dengan jam operasional 05:30-20:00. Ada beberapa pertimbangan, dimana menggunakan sarbagita sangat nyaman lengkap dengan fasilitas AC didalamnya tetapi tidak semua wilayah Bali terdapat jalur untuk Sarbagita. Saat ini Sarbagita hanya melayani trayek Batu Bulan – Nusa Dua dan Denpasar – Jimbaran.
2.         Bus Kura-kura, public transportasi yang baru ini namanya sudah cukup meroket dan banyak mengambil hati masyarakat. Tarifnya pun cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 – Rp 20.000 sekali jalan. Bus Kura-kura ini melayani trayek area Nusa Dua, Kuta, Seminyak, Kerobokan. Bus kura-kura sebagian besar memiliki halte / tempat pemberhentian di pusat-pusat perbelanjaan.
3.         Sewa motor Rp 50.000 – Rp 75.000/hari.  Kamu bisa menemukan sewa motor di sepanjang jalan Kuta, Seminyak, Kerobokan, Ubud. Murah, efisien, tetapi hati-hati karena pengguna Lalu Lintas di Bali cukup berbahaya. Kalian cukup memberrikan kTP sebagai Jaminan untuk wisatawan domestik dan Paspor untuk wisatawan asing. Rekomendasi untuk yang memiliki SIM.
4.         Sewa Mobil Rp 150.000 – Rp 500.000/hari. Tergantung jenis mobil apa yang akan kamu sewa, oh iya jangan terkecoh yak karena di sini untuk perhitungan sewa mobil perhari itu hanya 12 jam tanpa supir dan 8 – 10 jam dengan supir.  Tetapi itu juga tergantung dimana kalian menyewa mobilnya. Untuk syarat sewanya sama seperti menyewa motor yaitu menggunakan KTP atau paspor sebagai jaminan.
5.         Taxi , yup! Bali memang sedikit susah untuk urusan public transportasi dan kalau kamu terus-terusan menggunakan taxi setiap kali kamu pergi pasti akan menguras kantong banget ya. Tetapi, pilihkah taxi dengan tarif yang dapat dipercaya. Tetapi jangan khawatir sekarang ini sudah banyak alat transportasi online yang cukup memudahkan kalian, tetapi ada beberapa daerah yang dilarang untuk transportasi online ini, salah satunya Canggu. Dan yang terakhir,
6.         Ikut program tour.
Apapun itinerary perjalanan yang kalian rencakan setidaknya pilihlah yang cocok untuk kalian sendiri. Menikmati perjalanan merupakan tujuan utama dari traveling itu sendiri. Untuk destinasinya, jangan lupa surfing info sebanyak-banyaknya di internet J, semoga informasi ini bermanfaat untuk liburan kalian guys, so happy traveling !

1 comment:

  1. Selamat siang,
    ada travel company di JAKARTA dan BALI yg lagi butuh GUIDE bahasa jerman utk dampingi tamu2 dari eropa yg dateng domestik ke jawa dan bali ? hub saya (GUIDE BAHASA JERMAN) langsung di JAKARTA contact me 021 29526281 jvictor_o@yahoo.com
    081284876113
    0822 98504953
    johny victor
    translated:
    if any travel companies need a german speaking guide please contact me above.

    ReplyDelete

Komentar adalah sepenuhnya tanggung jawab dari pengomentar.
Pihak Yulutrip tidak bertanggung jawab dengan segala isi yang terkandung dalam komentar.
salam \0/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...