header photo anigif_zps2629cc65.gif

Thursday, December 27, 2012

Kebudayaan dan kesenian unik nan cantik dibalik wajah kampung adat dukuh

Abah Yayan selaku tetua Terbang sejak

Kampung adat dukuh memiliki segudang keunikan salah satunya dibidang kesenian atau kebudayaannya. Dibalik jauhnya lokasi kampung tersebut yang harus ditempuh, kondisi jalanan yang membuat tubuh ini bergoyang karena jalanannya yang rusak tetapi, setelah sampai disana semua keluhan tersebut sangat terbayarkan. Ternyata kampung adat dukuh menyimpan cerita menarik di bidang kebudayaannya. Terdapat bermacam-macam kebudayaan dan kesenian kampung adat dukuh yaitu:

  1. Ngahaturan Tuang
  2. Nyanggakeun
  3. Tilu Waktos
  4. Manuja
  5. Moros
  6. cebor opat puluh
  7. Jaroh
  8. Shalawatan
Selain kebudayaan yang rata-rata sarat akan ritual keagamaan atau ritual adat, ternyata kampung adat dukuh juga memiliki kesenian yang sangat unik untuk kita lihat. adapun kesenian kampung adat dukuh yaitu:
  1. Kesenian terbang sejak kampung adat dukuh
  2. terbang gembrung
Kebudayaan dan kesenian yang telah ada beberapa abad yang lalu sampai saat ini masih sangat dijaga oleh masyrakat kampung adat dukuh. hikmah yang dapat kita petik dari masyarakat kampung dukuh karena kebudayaan disana sarat akan ritual keagamaan. untuk melakukan ritual adat pun tidak sembarangan ada waktu-waktu khusus untuk melakukan ritual adat ini.

tanggal-tanggal untuk melaksanakan ritual kebudayaan ataupun keagamaan masyarakat kampung dukuh 
-10 Muharam
-12 Maulud
-27 Rajab
-1 Syawal
-1 Syawal Idul Fitri
-10 Rayagung

Hari-hari penting :
-Hari Sabtu (Pelaksanaan Ziarah)
-Rebo Welasan (Hari terakhir pada bulan Sapar dimana semua sumber air yang digunakan oleh masyarakat diberi jimat sebagai penolak baladan, biasanya diwajibkan mandi)
-14 Maulud (Pada hari ini dipercaya adalah hari yang paling baik untuk menguji dan mencari ilmu kepada para guru dengan melakukan cebor opat puluh).

30 Bewah (menyiapkan puasa di bulan Ramadhan)

Pengalaman yang sangat unik yang kami dapatkan selama berada di kampung adat dukuh, merasakan kembali keramahan masyrakatnya yang dewasa ini sudah jarang kita temui. berbagai kesenian dan kebudayaan menarik yang tersimpan dibalik wajah kampung adat dukuh.
foto-foto lain


Salam yulutrip
-jangan mengambil apapun selain gambar
-jangan meninggalkan apapun selain jejak kaki
-jangan membunuh apapun selain waktu

No comments:

Post a Comment

Komentar adalah sepenuhnya tanggung jawab dari pengomentar.
Pihak Yulutrip tidak bertanggung jawab dengan segala isi yang terkandung dalam komentar.
salam \0/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...